Iklan

" />

Danau Toba Masih Jadi Primadona Lokasi Berlibur Idulfitri

Redaksi
Tuesday 2 May 2023 | 01:17 WIB Last Updated 2023-05-01T18:17:16Z

Medantop.id, Musim libur lebaran hari terakhir, destinasi wisata di kawasan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara masih  menjadi tujuan favorit wisatawan untuk berlibur, salah satu nya menjadi tempat untuk berwisata berada di daerah Tomok, Kecamatan Simanindo.

Wisatawan saat berlibur di Danau Toba, Foto: Sari

Sejak pagi hingga siang hari ini Senin (1/5), Kawasan Pelabuhan Tomok   terus saja dipadati oleh ribuan pengunjung yang terus saja berdatangan dari berbagai daerah.

Para wisatawan ini lebih memilih datang dan berkunjung ke tempat ini, dengan menaiki kapal penumpang dari pelabuhan penyeberangan yang ada di kawasan wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Pantauan di lokasi, untuk menjaga keselamatan para penumpang, di pelabuhan Tomok ini, petugas dari KSOPP Danau Toba,  tetap melakukan pemeriksaan manifest dan melakukan pengecekan terhadap kapal kapal wisata yang mengangkut para penumpang,  termasuk juga pemeriksaan rutin ketersediaan live jacket di masing masing kapal.

Seperti yang di ungkapkan oleh Irwandi, petugas KSOPP Pelabuhan Tomok menyebutkan, pihaknya selalu mengawasi setiap kapal penumpang yang berlabuh di tempat ini.

“Pemeriksaan rutin yang kita lakukan meliputi manivest para penumpang, dan pembatasan jumlah penumpang yang naik ke dalam kapal, live jacket hingga kelayakaan kapal dalam berlayar dan lainnya ”, sebut Irwandi.

Sementara itu, tujuan para wisatawan yang terpantau datang ketempat ini lebih memilih untuk mengunjungi kawasan Sigale gale, kuburan batu, hingga mengunjungi pasar tradisional Tomok  yang banyak menyediakan souvenir khas batak  bagi para pengunjung.

Ditempat ini, para wisatawan yang datang banyak berburu beragam  souvenir yang di jajakan  oleh para pedagang di tempat ini dengan harga yang relatif sangat terjangkau.

Berbagai kerajinan tangan masyarakat Samosir, mulai dari gelang tangan, sortali, stola, kain tenun ulos dan pakaian adat,  menjadi favorit bagi para wisatawan untuk di beli.

Tak hanya itu, karena identik dengan budaya batak dan di anggap unik, aneka souvenir khas batak seperti kalender batak, miniatur rumah batak, tongkat tunggal panaluan, juga tersedia dijual untuk dibeli sebagai cinderamata untuk dibawa pulang.

Salah seorang pengunjung, Boy Suheri asal kota Medan ini mengaku sengaja menyeberang dari kota wisata Parapat menuju kawasan wisata Tomok untuk melihat kawasan sentra souvenir khas batak di pulau  Samosir.

“ Dari Hotel di Parapat, saya dan keluarga sengaja datang ke Tomok untuk berkeliling dengan menggunakan kapal penumpang, untuk melihat lihat keindahan Danau Toba, dan berhenti di Tomok untuk berbelanja oleh oleh lah”, sebut Boy.

Menurut Boy, selain keindahan alam Danau Toba, kawasan Tomok juga menjajakan berbagai souvenir yang menarik dan cukup terjangkau oleh para wisatawan yang berkunjung di tempat ini.

“Anak anak dan istri, suka berbelanja kain ulos dan souvenir lainnya karena cukup unik, menarik dan tentu saja harganya juga masih terjangkau kog “ tambah Boy.

Terpisah Winna Boru Nainggolan, salah seorang pedagang souvenir di kawasan ini mengaku selama liburan lebaran idul fitri ini menjadi berkah bagi para pedagang dan para pelaku wisata  di kawasan ini.

“Kehadiran para wisatawan datang ketempat ini menjadi berkat bagi para pedagang, omset meningkat berkisar 300 persen dari hari hari biasanya, terlebih sudah tiga tahun belakangan omset dagangan anjlok saat masa pandemi”, tutur Winna Sumringah.

Penulis : Sari

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Danau Toba Masih Jadi Primadona Lokasi Berlibur Idulfitri

Trending Now

Iklan

iklan