Iklan

" />

Usai Jalani Sidang Etik, AKBP Achiruddin Dipecat dari Anggota Polri

Redaksi
Tuesday 2 May 2023 | 21:56 WIB Last Updated 2023-05-02T15:21:29Z

Medantop.id, Medan, Mantan Kabag Bin Ops Polda Sumatera Utara, AKBP Achiruddin Hasibuan, dipecat sebagai anggota Polri dalam sidang kode etik yang digelar pada Selasa (2/5) pagi hingga petang.

Mantan Kabag Bin Ops Polda Sumatera Utara, AKBP Achiruddin Hasibuan usai menjalani sidang etik di Polda Sumut, Foto: Hasanah

Hasil persidangan, AKBP Achiruddin diputuskan mendapatkan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

Terkait atas putusan PTDH tersebut, AKBP Achiruddin telah mengajukan banding, diketahui Akbp Achiruddin terseret sampai sidang etik, setelah  diduga melakukan pembiaran atas aksi penganiayaan yang dilakukan anaknya Aditya Hasibuan, terhadap mahasiswa bernama Ken Admiral, aksi penganiayaan tersebut terjadi di sekitar rumah Akbp Achiruddin pada Desember 2022 lalu.

Usai menjalani sidang etik AKBP Achiruddin tidak banyak berkomentar, sidang etik AKBP Achiruddin dilaksanakan pada Selasa pagi hingga petang, dalam persidangan kode etik, AKBP Achiruddin Hasibuan mengakui  perbuatannya.

 “Terimakasih ya, udah udah, sudah lah cukup ku rasakan sendiri aja, ya terimakasih ya,” ujar Achiruddin.

Sementara itu, berdasarkan pertimbangan AKBP Achiruddin, ada sebanyak 5 kali melakukan pelanggaran disiplin, termasuk kasus pembiayaran anaknya Aditya Hasibuan melakukan penganiayaan terhadap Ken Admiral.

“Yang kedua juga ada pelanggaran hukum disiplin serta kode etik yang sudah pernah diproses terlebih dahulu, kepada yang bersangkutan ada lima sebelumnya, karena ada di polri itu tiga saja pelanggaran kode etik yang di dapat  itu dengan disiplin, bisa dengan pemberhentian dengan tidak hormat jadi itu hal yang memberatkannya, yang utama adalah sebagai anggota polri tidak selayaknya dan sepatutnya sebagai anggota polri dia membiarkan penganiayaan tersebut,” ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjutak.

Kasus ini berawal saat aksi penganiayaan yang dilakukan Aditya  Hasibuan yang merupakan anak dari AKBP Achiruddin Hasibuan, terhadap Ken Admiral, pada Desember 2022 lalu.

Aksi penganiayaan tersebut viral dan merentet ke sejumlah bisnis illegal dan tindak pelanggaran disiplin lainnya,  yang menjerat AKBP Achiruddin Hasibuan.


Penulis: Nurhasanah

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usai Jalani Sidang Etik, AKBP Achiruddin Dipecat dari Anggota Polri

Trending Now

Iklan

iklan