Iklan

" />

Banjir di Kecamatan Angkola Capai 1 Meter

Redaksi
Tuesday 9 May 2023 | 19:57 WIB Last Updated 2023-05-09T12:57:40Z

Medantop.id, Tapanuli Selatan - Hujan deras yang mengguyur Tapanuli Selatan dalam sepekan terakhir mengakibatkan ratusan kepala keluarga (KK) di Lingkungan I, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) terdampak banjir dengan ketinggian air sekitar 1 Meter, Selasa (9/5).

Banjir di Kecamatan Angkola mulai capai 1 Meter, Foto : Sari

Kapolsek Batang Toru, AKP Tona Simanjuntak, SH, bersama pihak Kecamatan langsung turun kelokasi bencana untuk meninjau sejumlah permukiman warga yang terendam banjir dengan berjalan kaki dan mengunakan perahu boat, pihaknya langsung mendatangi satu per satu rumah terdampak banjir tersebut.

Menurut Kapolsek, AKP Tona Simanjuntak mengaku genangan banjir kini merendam sejumlah permukiman warga, bahkan di daerah terendah genangan air mulai mencapai 1 meter. Untuk saat ini, pihak Kecamatan dan Polsek telah berkoordinasi kepihak BPBD Tapsel untuk segera turun membangun Posko dan stand by di lokasi banjir di Kelurahan Rianiate ini.

"Kita saat ini membuat tenda penampungan untuk evakuasi sejumlah warga yang permukiman mereka mulai terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter,  pendirian tenda pengungsian dibuat didataran yang lebih tinggi dari air. Selain itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan pendirian dapur umum, guna kebutuhan logistik bagi masyarakat terdampak banjir," ungkap AKP Tona.

Kapolsek menjelaskan hal itu sebagai upaya antisipasi, manakala curah hujan sewaktu-waktu kembali turun deras. Serta untuk mengantisipasi meningkatnya volume air dari luapan sungai Batang Toru dan luapan Danau Siais di dekat lokasi.

“Banjir akibat curah hujan yang tinggi dan aliran Sungai Batang Toru dari hilir bisa saja bertambah. Hingga berdampak ke kepemukiman warga lainnya dengan ketinggian air mencapai 1 Meter selama 2 hari,” sebut Kapolsek.

Saat ini, lanjut Kapolsek, Forkopimca tetap melakukan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati akan curah hujan yang sewaktu-waktu datang. Yang disebabkan hingga hari ini intensitas curah hujan masih terus melanda wilayah Tapanuli Selatan.

“Kami sarankan, agar masyarakat segera menempati tenda penampungan. Meski begitu, sampai saat ini tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini,” tutup Kapolsek.

Penulis: Sari

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Banjir di Kecamatan Angkola Capai 1 Meter

Trending Now

Iklan

iklan