Iklan

" />

Pemkab Madina Gelar Operasi Ketupat Toba 2023

Redaksi
Monday 17 April 2023 | 15:00 WIB Last Updated 2023-04-17T12:21:17Z

Medantop.id, Mandailing Natal - Jalur mudik Lintas Sumatera di Mandailing Natal Sumatera Utara rawan bencana alam dan jalan rusak. Pemerintah himbau agar pemudik lebih waspada saat melintas didaerah tersebut.

Operasi Ketupat Toba 2013 di lapangan Mapolres Madina, Foto: Sari

Untuk memastikan keamanan arus mudik di Jalan Lintas Sumatera, khususnya Kabupaten Madina, Senin ( 17/4),  pemerintah Kabupaten Madina, TNI, Polri mengelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2023 di lapangan Mapolres Madina.

Kegiatan yang melibatkan jajaran pemerintah Kabupaten Madina, TNI Polri serta Basarnas dan relawan dilaksanakan untuk mengukur kesiapan petugas untuk mengamankan arus mudik lebaran tahun 2023.

Bupati Madina, Jafar Sukhairi Nasution, yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan kerawanan mudik tahun 2023 karena ada lonjakan pemudik yang diperkirakan mencapai 40 persen.

"Secara nasional jumlah pemudik tahun 2023 ini naik dibandingkan tahun lalu. Angka pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 120-an  juta jiwa atau naik sekitar 40 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 80 juta jiwa" terang Bupati dalam sambutannya.

Kondisi tersebut akan membuat jalanan lebih padat sehingga akan menimbulkan ancaman bagi pemudik sambung Bupati Madina.

Untuk mengamankan arus mudik di wilayah Madina sedikitnya 251 personil gabungan diturunkan disejumlah titik rawan kemacetan dan kriminalitas.

Kapolres Madina, AKBP Reza Khairul menyampaikan ada beberapa kerawanan yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan patal bagi pengguna jalan lintas Sumatera di Kabupaten Madina diantaranya jalan rusak serta bencana alam.

"Memang ada sejumlah kerawanan pada jalur mudik di Madina, diantaranya longsor ke badan jalan, jalan ambles dan jalan berlubang. Kita akan menempatkan personil kita dilokasi lokasi rawan tersebut untuk antisipasi kecelakaan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak kontraktor untuk membersihkan material dari badan jalan" terang Kapolres Madina.

Operasi Ketupat Toba di Madina akan berlangsung sema 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023.

Bagi pemudik yang melaksanakan perjalanan jauh untuk tidak memaksakan diri ketika sudah lelah.

Petugas menghimbau untuk memanfaatkan posko arus mudik yang banyak tersebar sepanjang Jalan Lintas Sumatera untuk memulihkan stamina. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Madina Gelar Operasi Ketupat Toba 2023

Trending Now

Iklan

iklan