Iklan

" />

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Kota Binjai

Redaksi
Saturday 15 April 2023 | 18:30 WIB Last Updated 2023-04-15T11:30:00Z

Medantop.id, Binjai - Kirab Pemilu 2024 tiba di Kota Binjai, Jumat (14/4) sore. Hal ini ditandai dengan resepsi serah-terima bendera merah-putih, bendera KPU dan seluruh bendera partai politik dari Ketua KPU Kabupaten Langkat Sopian Sitepu, kepada Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, di Kantor KPU Kota Binjai Jalan Gator Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara.

 

 serah-terima bendera merah-putih, bendera KPU dan seluruh bendera partai politik dari Ketua KPU Kabupaten Langkat Sopian Sitepu, kepada Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, Foto: Sari 

Hadir dalam kegiatan ini, Komisioner KPU Sumatera Utara, Benget Manahan Silitonga, Kakan Kesbangpol Kota Binjai, Ruslianto, Komisioner Bawaslu Kota Binjai, Lailatul Sururiyah, Kakan Kemenag Kota Binjai, Saparuddin, Kapolsek Binjai Barat, AKP Antonius Pasta Sitepu, jajaran Komisioner KPU Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, segenap penyelenggara pemilihan tingkat kecamatan dan kelurahan, para pimpinan parpol, serta sejumlah pimpinan ormas di Kota Binjai.

 

Komisioner KPU Sumatera Utara, Benget Manahan Silitonga, mengatakan, Kirab Pemilu 2024 adalah program nasional sosialisasi Pemilu 2024 yang dirancang oleh KPU RI. Menurutnya, Kirab Pemilu 2024 dilaksanakan dari tujuh penjuru se-Indonesia dan telah bergerak sejak 14 Februari 2023.

 

Khusus di Sumatera Utara, Kirab Pemilu 2024 diawali dari Kabupaten Langkat dan akan diakhiri di Kabupaten Labuhanbatu.

 

"Puncaknya nanti kita akan bertemu di Jakarta, bersamaan dengan penetapan Pasangan Calon Presiden, Calon Anggota DPR RI, Calon Anggota DPD RI, serta Calon Anggota DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota," kata Benget.

 

Benget mengakui, tujuan Kirab Pemilu 2024 dimaksudkan untuk menghadirkan pengetahuan tentang Pemilu 2024 hingga ke basis pemilih paling bawah. Sehingga seluruh elemen masyarakat dapat mengetahui waktu pemungutan suara, regulasi pemilu dan seluruh partai politik peserta Pemilu 2024.

 

"Sesuai tema yang kita bangun, yakni pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Sehingga kami berharap, semua elemen masyarakat, terutama partai politik peserta Pemilu 2024, tidak hanya menjadikan pemilu 2024 sebagai sarana berkompetisi, tapi juga membangun satu konsensus tentang perdamaian dan persatuan," sebut Benget.

 

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, mengaku bersyukur karena Kota Binjai menjadi salah satu dari tujuh kabupaten/kota di Sumatera Utara yang terpilih sebagai daerah tujuan Kirab Pemilu 2024.

 

"Melalui Kirab Pemilu 2024, besar harapan kita tingkat partisipasi pemilih di Kota Binjai dapat lebih meningkat. Jika di Pemilu 2020 lalu tingkat partisipasi pemilih mencapai 76 persen, mudah-mudahan di Pemilu 2024 nanti dapat mencapai 90 persen," ujar dia.

 

Sebaliknya, Ketua KPU Kabupaten Langkat, Sopian Sitepu mengaku, optimis Kirab Pemilu 2204 di Kota Binjai dapat berjalan lebih optimal dibandingkan dengan Kabupaten Langkat. Hal ini mengingat, ketersediaan sarana dan prasarana yang lebih lengkap, akses lebih terjangkau, serta luas wilayah yang lebih kecil.

 

Sementara itu, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, dalam pidato tertulisnya dibacakan Kakan Kesbangpol, Ruslianto, menyambut baik Kirab Pemilu 2024, dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

 

"Saya atas nama Pemerintah Kota Binjai mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pemilu 2024, serta bergandengan tangan menciptakan situasi kondusif di Kota Binjai. Sebab harus kita sadari bersama, pemilu yang baik adalah pemilu yang menghasilkan pemimpin berkualitas," tegas dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kirab Pemilu 2024 Tiba di Kota Binjai

Trending Now

Iklan

iklan