Iklan

" />

Ini Cara Pemerintah Desa Karang Gading Agar Warganya dapat Sembako Murah

Redaksi
Saturday 8 April 2023 | 06:14 WIB Last Updated 2023-04-07T23:14:10Z

Medantop.id, Langkat - Guna membantu warga untuk mendapatkan sembako murah khususnya beras, Pemerintah Desa Karang Gading Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat membuat inovasi dan membentuk kelompok Laskar Pangan yang bertugas menanam padi di areal persawahan seluas 8,2 hektar dan bersumber dari dana Desa tahun 2022 yang lalu.

 

Kelompok Laskar Pangan Langkat, Foto : Sari

Hasilnya dari panen padi dan diolah menjadi beras, Pemerintah Desa hanya menjual seharga Rp 50 ribu untuk 1 karung ukuran 10 kilogramnya dan memberikan secara gratis untuk warga miskin dan kurang mampu di Desa tersebut.

Kepala Desa Karang Gading, Bahrul, menjelaskan, saat memantau langsung penjualan beras bersubsidi di halaman Kantor Kepala Desa Karang Gading, Jumat (7/4).

"Proses pengadaan beras ini diawali dengan penanaman padi di areal persawahan seluas 8,2 hektare oleh kelompok masyarakat Laskar Pangan, kemudian dipanen dan dijadikan beras. Pemerintah Desa Karang Gading melalui program Ketahanan Pangan Desa menjual beras tersebut kepada masyarakat kurang mampu dengan harga Rp50 ribu per karung isi 10 kilogram," ucap Kepala Desa Karang Gading, Bahrul.

Sementara itu, Sekretaris Desa Karang Gading, Muhammad Yusuf Kurniawan menambahkan bahwa program yang dilaksanakan ini sangat membantu warga disaat lonjakan harga kebutuhan pokok rumah tangga semakin tinggi.

"Diprogram ketahanan pangan Desa ini kami jual beras bersubsidi premium dengan harga Rp.5 ribu per satu kilogram, Sementara dipasaran harga beras premium mencapai Rp.13 ribu per kilogram," tambah Sekretaris Desa Karang Gading, Muhammad Yusuf Kurniawan.

Lebih lanjut dijelaskan Sekdes, program ini berkelanjutan dan diawal ini Pemerintah Desa menyediakan beras yang sudah dikemas sebanyak 3 ton. Untuk selanjutnya panen akan terus berlanjut dan Pemerintah Desa akan terus menyediakan beras bersubsidi untuk masyarakat miskin yang belum pernah tersentuh bantuan sosial apapun dari pemerintah.

"Untuk masyarakat yang sangat miskin kami berikan beras secara cuma-cuma dan ini akan terus berkelanjutan karna kelompok ini akan terus melakukan penanaman padi untuk bisa dijual murah kepada warga Desa," terang Yusuf Kurniawan.

Sementara itu, salah seorang warga Dusun III Kacangan yang membeli beras di kantor desa, Jamak (88) merasa sangat terbantu dengan adanya beras murah tersebut.

"Alhamdulillah ada beras murah ini saya merasa senang apalagi saya tidak bisa bekerja lagi, terima kasih untuk Pemerintah Desa Karang Gading yang sudah membuat program ini," katanya.


Penulis: Sari

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Cara Pemerintah Desa Karang Gading Agar Warganya dapat Sembako Murah

Trending Now

Iklan

iklan