Iklan

" />

Puluhan Mesjid di Binjai Gelar Makan Bersama

Redaksi
Tuesday 21 March 2023 | 18:10 WIB Last Updated 2023-03-21T11:10:41Z

Medantop.id,Binjai - Puluhan masjid di Kota Binjai melaksanakan punggahan puasa dengan menggelar makan bersama seluruh jemaah masjid. Salah satunya adalah masjid Al - Muttaqin yang berada di Lingkungan 3 Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, Senin (20/3) yang dilaksanakan sesudah sholat Isya. 

Tradisi makan bersama jelang puasa di Kota Binjai, Foto: sari

Di masjid ini tradisi punggahan puasa dengan makan bersama sudah dilaksanakan sejak bertahun - tahun yang lalu dan sidah menjadi tradisi setiap tahunnya. 

Kepala Lingkungan 3, Elva Kamila mengatakan setiap akan memasuki bulan Ramadhan mereka selalu menggelar malam punggahan di masjid setempat yang diikuti oleh seluruh warga yang terdiri dari laki - laki, perempuan hingga anak - anak. 

"Sudah menjadi tradisi menyambut puasa Ramadhan, masjid di lingkungan kami selalu membuat malam punggahan puasa dengan makan bersama. Semua warga ikut hadir dan makan bersama di aula masjid dan makanannya dibawa masing - masing oleh warga," ucap Kepala Lingkungan 3, Elva Kamila. 

Elva Kamila juga menjelaskan bahwa tradisi ini sudah turun temurun dan selalu dilakukan menjelang masuknya Ramadhan. 

"Sudah sejak dulu tradisi ini dilakukan, sehingga jika tidak dilakukan seperti ada yang kurang dalam menyambut Ramadhan ini," jelas Elva Kamila. 

Lebih lanjut Kepala Lingkungan 3 ini menjelaskan bahwa selain menyambut puasa Ramadhan,  tradisi punggahan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk silaturahmi sesama warga,  karena di akhir acara akan ditutup dengan bersalam - salaman meminta maaf jika ada kesalahan, agar dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan nantinya benar - benar dalam keadaan bersih. 

"Tradisi punggahan ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi sesama warga lingkungan serta saling memaafkan, karena di akhir acara akan dilakukan salam - salaman untuk meminta maaf,  agar dalam menjalankan ibadah puasa benar - benar dalam keadaan bersih," tegas Kepala Lingkungan 3.

Selain di masjid Al - Muttaqin ini, puluhan masjid lainnya di Kota Binjai juga melaksanakan malam punggahan puasa dengan menggelar makan bersama. 

Diharapkan dengan punggahan dan saling memaafkan sebelum puasa Ramadhan,  bisa membersihkan hati dan siap untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sesuai dengan ajaran agama islam.


Penulis: Sari
Editor: Yon
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Mesjid di Binjai Gelar Makan Bersama

Trending Now

Iklan

iklan