Iklan

" />

Personel Satgas Pamtas Yonif 132/Bima Sakti Sadarkan Warga di Kampung Yowong, Papua

Redaksi
Monday 27 March 2023 | 07:04 WIB Last Updated 2023-03-28T00:07:42Z

Medantop.id, Medan - Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan mengapresiasi personel satgas pamtas Yonif 132/Bima Sakti yang telah berhasil dan mampu menyadarkan warga di Kampung Yowong, Kabupaten Keerom, Papua, yang telah menyerahkan puluhan peluru tajam beserta magazen.

Puluhan peluru tajam beserta magazen, yang diserahkan warga Kampung Yowong, Kabupaten Keerom, Papua, Foto: Sari

Hal itu disampaikan Pangdam Mayjen TNI A. Daniel Chardin mengatakan keberhasilan dengan melakukan pembinaan teritorial di wilayah operasi, menggugah hati dan kesadaran warga di sekitar perbatasan RI-PNG, dimana warga di Kampung Yowong telah menyerahkan sebanyak 28 butir amunisi tajam dan magazen kepada satgas pamtas Yonif 132/Bima Sakti.

“Benar, saya telah mendapatkan laporan. Personel Satgas Pamtas Yonif 132/Bima Sakti kita disanadan telah menjalankan langkah terbaik dalam pembinaan teritorial di wilayah operasinya. Warga disana (Kampung Yowong) telah menyerahkan puluhan peluru tajam dan magazen ke personel kita,”kata Mayjen TNI A. Daniel Chardin, dalam keterangan tertulisnya. Minggu (26/3).

Lebih lanjut Pangdam mengaku, pihaknya sangat mengapresiasi langkah warga untuk memberikan amunisi tajam itu ke petugas. Menurutnya, upaya itu bisa membuat warga lainnya melakukan hal serupa demi keamanan bersama.

“Kita semua berharap niat baik warga disana untuk memberikan amunisi tajam ke personel satgas pamtas Yonif 132/Bima Sakti. Kedepannya dapat sejalan dengan warga lainnya di Kabupaten Keerom, Papua,” Harap Daniel Chardin.

Pangdam menambahkan, diketahui, seorang warga di Kampung Yowong, Kabupaten Keerom, Papua menyerahkan 28 butir amunisi kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS, Selasa (21/3/2023) kemarin. Penyerahan amunisi ini dinilai sebagai bentuk tanggung jawab warga karena ikut menjaga keamanan di Papua.

"Amunisi tajam tersebut diserahkan warga bernama Jaya yang merupakan warga pendatang asal Sulawesi Selatan yang bekerja sebagai buruh konstruksi di Papua. Kepada personel kita disana, Jaya mengaku menemukan amunisi tajam dan perlengkapan senjata itu sejak 3 bulan lalu di Gedung LPSE Pemkab Keerom pada Desember 2022,” sebutnya.

Dikatakan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, dalam catatan selama melaksanakan pamtas RI-PNG, Yonif 132/BS sebanyak 13 kali berhasil menggagalkan peredaran dan penyelundupan narkoba jenis ganja kering dengan kumulatif seberat 14,55 kg. Kemudian menggagalkan penyelundupan amunisi tajam kaliber 7,62 mm dan 5,56 mm oleh warga Papua Nugini, dan menangkap pelintas batas ilegal yang tidak dilengkapi dokumen resmi masuk ke Papua.

Penulis: Sari

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Personel Satgas Pamtas Yonif 132/Bima Sakti Sadarkan Warga di Kampung Yowong, Papua

Trending Now

Iklan

iklan