Iklan

" />

OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI Disambut Antusiasme Anak Muda di Medan

Redaksi
Sunday 5 March 2023 | 18:52 WIB Last Updated 2023-03-05T11:53:49Z
Medantop.id, Medan - Setelah menyapa total 4 juta anak muda Indonesia di
tahun-tahun sebelumnya dan menyelesaikan rangkaian pertamanya di Makassar pada 25 Februari 2023 lalu, kali ini Creativepreneur melalui rangkaian keduanya di tahun2023 yang bertajuk OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di kota Medan sukses diselenggarakan pada Sabtu, 4 Maret 2023 di Medan International Convention Center. 

OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI merupakan
sebuah talkshow yang menghadirkan berbagai figur-figur inspiratif untuk berbagi pengalaman, khususnya di industri kreatif kepada para calon entrepreneur mudaIndonesia dan diselenggarakan di 3 kota yaitu Makassar (25 Februari 2023), Medan (4 Maret 2023), dan Malang (11 Maret 2023).

OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Medan menghadirkan
para figur inspiratif sebagai pembicara, seperti F&B Business Owner & Food Vlogger Magdalena Fridawati dan Co-Founder Krealogi Hanna Keraf untuk mengisi sesi pertama. Di sesi kedua, hadir Author & IP Owner Marchella FP dan Founder & CEO IDN Media Winston Utomo serta di sesi ketiga hadir Chairman RANS Entertainment Raffi Ahmad dan Founder & CEO Visinema Group Angga Dwimas Sasongko.

Acara ini disambut antusias warga Medan, di mana terdapat kurang lebih 1.000 orang
explorer (sapaan kepada para peserta OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI) yang memiliki kesamaan minat di bidang entrepreneurship, khususnya di industri kreatif.

Persentasi Magdalena di sesi pertama menandai dimulainya OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di kota Medan. Dalam kesempatannya, Magdalena menceritakan caranya menikmati kuliner dan bagaimana cara ini menjadi salah satu upaya yang dapat membantu para UMKM kuliner untuk terus berkembang.

“Banyak aspek-aspek yang bisa dieksplorasi soal makanan selain rasa, seperti narasi dan cerita di balik hidangan dan UMKM yang menyajikannya. Dengan turut menikmati sajian dari UMKM lokal dan membagikan cerita-cerita menarik mereka, kita juga turut membantu mereka untuk bertumbuh dan berkembang,” kata Magdalena.

Dalam sesi yang sama, Co-Founder Krealogi Hanna Keraf menceritakan
bagaimana para pelaku UMKM masih kerap menemui permasalahan, khususnya dalam pencatatan keuangan dan perencanaan yang strategis untuk mengembangkan bisnis. Melalui Krealogi, ia berupaya menjadi jembatan antara para pelaku UMKM kepada tujuan yang utama yaitu kesejahteraan hidup. 

“Yang kami lakukan adalah mengarahkan
pengrajin lokal untuk bisa meningkatkan standar dan konsistensi produksi seperti pada pabrik, namun dalam basis komunitas.” kata Hanna yang kemudian disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh explorer.

Selanjutnya pada sesi kedua, giliran Author & IP Owner Marchella FP membawakan materinya mengenai proses awal ia bergelut di dunia industri kreatif
hingga ia memiliki beberapa IP (intellectual property) miliknya. Dalam konsistensinya menggeluti industri ini, ia meyakini satu hal, “Semua yang disampaikan dengan hati, akan sampai ke hati yang lain.” 

Hal ini yang membuat PT Kebahagiaan Itu Sederhana yang ia inisiasi dapat terus berkembang dan memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya.
Hal senada juga disampaikan Founder & CEO IDN Media Winston Utomo, di
mana apapun pekerjaan seseorang, ia mesti melakukannya dengan hati. Winston
mengakatan, “You have to like your industry and create value in everything.” 

Sebagai pimpinan salah satu kelompok perusahaan media terkemuka di Indonesia, ia terus berusaha supaya dapat memberikan value kepada para pembacanya. Baginya,
informasi adalah hak semua orang dan karenanya, informasi tersebut mesti bernilai.

Sesi ketiga kemudian dibuka oleh Chairman RANS Entertainment Raffi Ahmad. Sebagai figur multitalenta, Raffi mengaku memulai RANS Entertainment di garasi dengan hanya 5 karyawan saja. Sebagai pribadi dengan sikap terbuka kepada hal apapun, termasuk membuka diri untuk mau belajar dan berteman dengan siapapun, ia membagikan kisah di mana akhirnya dari sikap tersebut banyak peluang yang membuat bisnisnya berkembang lebih pesat.

“Silahturahmi itu awal dari rejeki kita. Banyak relasi karena dengan adanya orang lain bisa membuat rejeki seseorang bertambah, termasuk [berelasi] dengan anak-anak yang lebih muda. Karena di era saat ini, para anak mudalah yang lebih banyak mengerti.” ujar Raffi

Usai Raffi Ahmad, Founder & CEO Visinema Group Angga Dwimas Sasongko
melanjutkan sesi ketiga dengan persentasi mengenai Visinema dan fokus perusahaan
yang ia pimpin terus diupayakan untuk dapat merefleksikan nilai-nilai keindonesiaan, khususnya direpresentasikan melalui cerita-cerita, apapun bentuknya. Cerita sendiri
menjadi bagian dari diri Angga secara pribadi, seperti yang ia sampaikan di hadapan para explorer.

“Gue menemukan bahwa passion gue bukan di film semata, tapi dipeople and stories.”ujar Angga.

Bagi Angga, people and stories ini yang membuat Visinema tetap
relevan selama lebih dari 10 tahun eksistensinya di Indonesia.

Rangkaian OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI sendiri masih
akan berlanjut di kota Malang pada Sabtu, 11 Maret 2023 dengan deretan nama besar
yang akan dihadirkan, seperti di antaranya CEO & President AT PT Bakrie & Brothers
Anindya Novyan Bakrie, Entrepreneur & Content Creator Arief Muhammad, Aktor
& Entrepreneur Dion Wiyoko, Komedian & Filmmaker Ernest Prakasa, CMO OPPO
Indonesia Patrick Owen, dan Chairman AVGI & Founder ONIC ESPORTS Rob
Clinton.

Melalui OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI. Pihak OPPO dan
BNI berharap dapat menunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang terus berupaya memanfaatkan dan mendukung kreativitas anak bangsa melalui semangat wirausaha tanpa mengecualikan upaya untuk menghadirkan planet bumi yang lebih hijau. 

Hal ini dapat diupayakan melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi serta kolaborasi antara berbagai pihak untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan yang selaras dengan pertumbuhan ekonomi.

Penulis: Agus.S
Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI Disambut Antusiasme Anak Muda di Medan

Trending Now

Iklan

iklan