Iklan

" />

Ketua PWNU Provinsi Lampung : Isi Ramadan 1444 H dengan Kegiatan Bermanfaat

Redaksi
Saturday 25 March 2023 | 18:26 WIB Last Updated 2023-03-27T11:30:36Z

Medantop.id, Bandar Lampung – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Prof. Wan Jamaluddin, PhD, mengajak umat Islam untuk mengisi bulan suci Ramadan 1444 H dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Sebab, Rasulullah tidak mengajarkan umatnya bermalas-malasan, melainkan tetap harus memiliki etos kerja.


Prof. Wan Jamaluddin, PhD

“Puasa jangan dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan serta memperlambat penyelesaikan tugas, namun jadikanlah sebagai penyemangat untuk terus berkontribusi kepada negeri ini,” kata Rektor saat dihubungi, Jumat(24/3).

Menurut Rektor, etos kerja di dalam Islam adalah sangat penting, bahwa motivasi kerja dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah SWT. 

Kerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah SWT. Sehingga dalam Islam, semangat kerja tidak hanya untuk meraih harta tetapi juga meraih ridha Allah SWT. 

“Sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk bekerja. Meskipun urusan akhirat itu penting, akan tetapi etos kerja dalam urusan dunia juga penting,” ujarnya.

Penjabat Ketua PWNU Provinsi Lampung itu menambahkan, puasa mengandung lima spirit dalam meningkatkan etos kerja. Pertama, munculnya hubungan spiritual yang erat manusia terhadap Allah.

“Sehingga menjadikan manusia bersungguh-sungguh dalam peningkatan produktivitas kerja pada bulan Ramadhan,” ujarnya.

Kedua, spirit puasa menjadikan manusia menjaga hubungan yang harmonis, selaras dan serasi dengan relasi kerjanya.

Ketiga, spirit puasa melahirkan manusia untuk menempuh cara-cara yang “halal” baik dalam menjalani suatu pekerjaan, maupun dalam proses mencari pekerjaan.

Keempat, spirit melahirkan manusia pada level saling menghormati, toleransi dan menyayangi antar makhluk sebagai pencipta dari Tuhan semesta, dan kelima, spirit puasa meningkatnya profesionalisme dalam setiap pekerjaan yang di emban.

Rektor menjelaskan, bulan Ramadan menjadi ujian awal untuk menguji etos kerja seseorang. Jika etos kerja meningkat selama Ramadhan, maka sudah bisa dipastikan secara alamiah bahwa produktivitas kerjanya juga terus meningkat pada bulan-bulan lainnya.

“Fastabiqul khoirot, mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Semua amal ibadah dilipat gandakan pahalanya. Makanya karena nilai ibadahnya tinggi, sudah selayaknya setiap insan berlomba-lomba untuk beraktivitas dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja yang baik,” kata rektor.


Penulis: Sari

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua PWNU Provinsi Lampung : Isi Ramadan 1444 H dengan Kegiatan Bermanfaat

Trending Now

Iklan

iklan