Iklan

" />

Gara gara Tabung Gas, Pria di Lahat Hanyut Terbawa Arus Sungai

Redaksi
Friday 10 March 2023 | 16:55 WIB Last Updated 2023-03-10T10:14:53Z

Medantop.id, Lahat - Seorang warga Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat dilaporkan hanyut terseret arus banjir sungai Lematang. Korban diketahui bernama Heri (38), terseret arus sungai saat nekat berinisiatif mengambil dan menyelamatkan barang-barang berharga yang hanyut dari hulu sungai.

Lokasi seorang warga Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, hanyut terseret arus Sungai Lematang, Foto: BPBD Lahat

Kejadian bermula pada saat korban datang ke Sungai Lematang dan berjalan ke arah jembatan gantung yang berada di desa Gunung Agung. Dengan menggunakan sebuah gala atau jaring sambut, korban berupaya mengambil barang-barang berharga yang hanyut melintas dari arah hulu sungai.

Selang beberapa saat, korban melihat sebuah tabung gas elpiji yang hanyut mendekati korban. Korban yang berusaha meraih tabung gas tersebut diduga terpeleset hingga akhirnya terjatuh dan terseret oleh derasnya air sungai Lematang yang sedang meluap.

Kepala BPBD Lahat  Ali Afandi membenarkan adanya korban hanyut. Saat ini pihak keluarga dibantu warga beserta Tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian korban. Namun pencarian korban terkendala debit sungai yang tinggi, sehingga tim pencarian masih menunggu di seputaran pinggiran sungai Lematang.

"Iya benar kejadiannya tadi sore. Tim SAR gabungan sudah berupaya melakukan pencarian, namun karena kondisi sudah malam dan debit air masih tinggi, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pencarian, maka akan kita lanjutkan besok," kata Ananta, Kamis (9/3).

Ananta juga menghimbau kepada warga yang berada di sekitar aliran sungai, agar untuk sementara waktu untuk tidak melakukan aktivitas apapun disekitar aliran sungai tersebut. Mengingat, debit air sungai Lematang yang masih tinggi, ditambah dengan curah hujan yang juga cukup tinggi.

"Kita himbau kepada warga agar jangan ada aktivitas dulu di sekitar aliran sungai, hingga kondisi debit air kembali normal atau surut," pungkasnya.


Penulis: Sari
Editor: Yon
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gara gara Tabung Gas, Pria di Lahat Hanyut Terbawa Arus Sungai

Trending Now

Iklan

iklan