Iklan

" />

Karantina Pertanian Belawan Kawal Panen Padi di Kabupaten Simalungun

Redaksi
Saturday 25 February 2023 | 14:37 WIB Last Updated 2023-02-25T07:37:46Z

Medantop.id, Simalungun - Kementerian Pertanian, melalui  Karantina Pertanian Belawan bersama instansi terkait mengawal para petani di Kabupaten Simalungun yang melakukan panen padi.

Panen padi di Kab.Simalungun, Foto: Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Lenny Hartati Harahap panen kali ini bisa menjadi motivasi untuk masa depan, dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

 "Ini bisa menjadi motivasi untuk masa depan. Ketika kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi, kita bisa rencanakan untuk ekspor," ujar Lenny, Sabtu (25/2).

Panen kali ini dilakukan di Kecamatan Tanah Jawa dengan luasan 329,5 Ha. Masing-masing terdiri dari Desa Muara Mulia panen padi berkisar 105 Ha, Desa Bayu Bagasan panen padi berkisar 175 Ha, Desa Marubun jaya panen sekisar 32.5 Ha dan desa Marubun Bayu sekisar 17 ha.

Lenny juga mengapresiasi panen padi saat ini. Suatu hal yang sangat membanggakan karena hasil panen sangat memuaskan. Dilihat dari padi yang panen di sepanjang hamparan sawah, semua bagus dan tidak ada masyarakat yang mengeluh tentang hasil panen.

“Sebagaimana kebiasaan masyarakat setempat memanen padi secara umum padi dipotong lalu dikumpulkan disatu tumpukan  untuk digiling melepas bulir padi dari tangkainya,” ujarnya.

Perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun, Ledy, menyampaikan, bahwa kebutuhan pangan khususnya beras di Simalungun tercukupi hingga bulan Ramadhan nanti.  Diperkirakan dari luas panen sekitar 329,5 Ha, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Varietas Padi yang di panen hari ini adalah varietas padi Inpari Nutri Zinc, Inpari 32 dan inpari 42," terang Ledy.

Diharapkan produksi padi di Kabupaten Simalungun tahun ini meningkat, sehingga swasembada beras khususnya Sumatera Utara dapat terpenuhi dan ketahanan pangan terjaga.



Penulis: Agus S

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Karantina Pertanian Belawan Kawal Panen Padi di Kabupaten Simalungun

Trending Now

Iklan

iklan