Iklan

" />

Warga Berebut Ambil Ikan Terdampar di Pinggi Pantai Utara Jakarta

Redaksi
Thursday 1 December 2022 | 09:00 WIB Last Updated 2022-12-01T02:00:00Z

Medantop.id, Jakarta - Warga wilayah Jakarta Utara dihebohkan dengan ribuan ikan laut terdampar di pinggir pantai. Sontak hal ini membuat warga berbondong-bondong mengambil ikan yang terdampar. 

Ikan-ikan terkapar di Pulau Onrust (Istimewa)


Dalam video yang beredar tampak beberapa warga mendatangi lokasi dan mengambil ikan yang menepi ke daratan itu. Fenomena ini juga terjadi di Pulau Onrust Kepulauan Seribu, ikan-ikan terlihat melompat dari Dermaga Pulau. 

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, peneliti masih terus melakukan riset terkait fenomena ini, namun ia membantah jika kemunculan ribuan ikan ini sebagai pertanda akan terjadi gempa bumi dan menghimbau warga tidak panik atas fenomena ini.

"Saat ini sedang viral, ada fenomena segerombolan ikan, yang naik ke daratan dari Pesisir atau di garis pantai naik daratan, ini para peneliti masih menduga perlu penelitian lebih lanjut, bisa disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut yang lebih tengah ke pesisir atau garis pantai, juga bisa disebabkan oleh tingkat kesuburan air laut yang merupakan bagian dari rantai makanan tempat berkumpulnya ikan, dan kemudian terdorong oleh arus laut atau dorongan dari energi gelombang menuju ke pesisir kemudian gerombolan ikan ini bisa naik ke daratan," Jelas Eko, Rabu 29 November 2022. 

Ia juga menegaskan, perlu penelitian lebih lanjut terklait fenomena ini dan bukan tersebab oleh terjadinya gempa, masyarakat tidak perlu panik. 


Reporter: Nurhasannah

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Berebut Ambil Ikan Terdampar di Pinggi Pantai Utara Jakarta

Trending Now

Iklan

iklan