Iklan

" />

Ribuan Rumah di Tebingtinggi Kembali Terendam Banjir

Redaksi
Tuesday 20 December 2022 | 13:03 WIB Last Updated 2022-12-20T06:03:33Z

Medantop.id, Tebingtinggi - Pasca banjir 5 hari yang lalu, kini ribuan rumah kembali terendam di Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara, akibat meluapnya Sungai Padang Selasa 20 Desember 2022 dini hari tadi, sebagian warga pun terpaksa diungsikan.

Pj Walikota Tebingtinggi M.Dimiyathi saat terjun langsung meninjau banjir (Foto:Erwan Tanjung)

Ribuan rumah yang terendam banjir tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan di sepanjang aliran Sungai Padang Kota Tebingtinggi. Banjir terparah berada di Kelurahan Bandar Utama, Kelurahan Badak Bejuang, dan Kelurahan Sri Padang.

Di lokasi tersebut sedikitnya ada sekitar 1000 rumah yang terendam banjir dengan ketinggian hingga mencapai satu meter..


Menurut warga H. Panjaitan,  banjir mulai menggenangi permukiman sejak subuh, dan air begitu cepat masuk ke dalam rumah hingga terendam banjir. Namun meski lebih tinggi dari hari sebelum nya, ada saja warga yang memilih tetap tinggal di rumah, meski sebagian besar warga sudah mengungsi.

Permukiman warga yang berada di sepanjang aliran Sungai Padang di Kota Tebingtinggi kerap dilanda banjir saat musim penghujan.  Banjir merupakan kiriman dari hulu Sungai Padang di Kabupaten Simalungun.

Video banjir kota Tebingtinggi:



Selain itu banjir juga diperparah dengan pendangkalan sungai padang dan tidak berfungsinya sejumlah pintu air.

“Air masuk ke pemukiman sejak subuh, banjir ini lebih parah dari 5 hari yabg lalu, ya berharap kepada pemerintah agar benar benar mengatasi banjir yang kerap terjadi,” ujar H.Panjaitan, Selasa 20 Desember 2022.

Sementara itu Pj Walikota Tebingtinggi M.Dimiyathi saat terjun langsung meninjau dan mengevakuasi beberapa warga di sejumlah titik mengatakan, banjir ini lebih parah dari beberapa hari yang lalu akibat tingginya intensitas hujan di hulu Kabupaten Simalungun.

“Meminta kepeda pemerintah pusat khususnya Badan Wliyah Sungai (BWS) untuk segera menormalisasi Sungai Padang yang merupakan Sungai Nasional, agar banjir bisa teratasi,” ujat M.Dimiyathi.

Dalam minggu ini, banjir luapan Sungai Padang sudah beberapa kali terjadi, warga pun berharap pemerintah Kota Tebingtinggi  serius menangani persoalan banjir yang rutin terjadi.


Reporter: Erwan tanjung

Editor : Yono

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ribuan Rumah di Tebingtinggi Kembali Terendam Banjir

Trending Now

Iklan

iklan