Iklan

" />

Harga Ikan Laut Mahal, Masyarakat Beralih Beli Ikan Tawar

Redaksi
Friday 30 December 2022 | 07:07 WIB Last Updated 2022-12-30T00:07:05Z

Medantop.id, Deliserdang - Minimnya pasokan ikan laut yang disebabkan enggannya nelayan untuk melaut karena cuaca buruk, membuat harga ikan kini mengalami kenaikan, tingginya harga ikan laut ini membuat masyarakat di kabupaten Deliserdang, lebih membeli dan mengkonsumsi ikan tawar, yang harganya jauh lebih murah.

 

 

Ikan laut yang dijual di pasar tradisonal 

 

Sejak mengalami kenaikan harga dan minimnya pasokan ikan laut di pasaran, ikan tawar kini laris manis dan menjadi pilihan masyarakat untuk dapat mengkonsumsi ikan. Seperti di pasar tradisional Tanjung Morawa, kabupaten Deliserdang. Jumat, 30 Desember 2022.

Salah seorang pedagang ikan laut, Sandra mengatakan, para pedagang ikan laut kini mengalami sepi pembeli, selain itu pasokan yang minim juga menjadi kendala bagi para pedagang untuk menjual barang dagangannya.

 “ Kenaikan ini karena cuaca, yang dari cuacanya biasa sekarang ombak badai di laut, dimana mana banjir, ya semua ikan bang, tapi sekarang yang ada sekarang ikan gembung sama dencis, naiknya dalam perkilonya sepuluh ribu, semua jenis ikan, ya sulit lah biasanya agak susah sekarang sulit pasokan ikan karena mahal,” ujar Sandra.

Seperti ikan laut jenis gembung yang biasanya dijual dengan harga dua puluh lima ribu perkilogramnya, kini dijual dengan harga empat puluh lima ribu perkilogramnya.  Sedangkan ikan laut jenis dencis  yang bisa dijual dengan harga dua puluh tiga ribu perkilogramnya, kini mengalami kenaikan dengan harga tiga puluh tiga ribu perkilogramnya.

Akibat mahalnya harga ikan laut, masyarakat  terpaksa beralih mengkonsumsi ikan tawar, untuk memenuhi kebutuhan akan ikan, ini dilakukan karena harga ikan air tawar jauh lebih murah dibanding ikan  laut.

“Penjualan ikan tawar agak naik sedikit, semenjak ikan laut meningkat, mahal kira kira sebulan lebih lah, mulai bulan sebelas,” ujar Rusia Saragih, seorang pedagang ikan tawar di pasar tradisional Tanjung Morawa.

Selain harga ikan tawar yang murah, pasokan ikan tawar lebih mudah ditemukan di pasaran. sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan untuk membeli ikan tawar dan mengkonsumsinya.

“Ikan laut lebih mahal, kalau ikan tawar lebih murah,  tadi beli ikan tawar dua kilo, jenis ikan ikan nila,, Cuma  Rp. 32.000,” kata Titi, pembeli ikan tawar.

Kondisi cuaca buruk yang bekepanjangan hingga akhir tahun 2022 ini, membuat pasokan ikan laut semakin langka di pasaran. Kondisi kenaikan harga pun diperkirakan terus terjadi, jika nelayan enggan melaut akibat cuaca buruk.

 

Reporter: Nurhasannah

Editor: Yon

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harga Ikan Laut Mahal, Masyarakat Beralih Beli Ikan Tawar

Trending Now

Iklan

iklan