Iklan

" />

Satu Calhaj Asal Asahan Alami Hipoglikemia

Redaksi
Thursday 25 May 2023 | 20:06 WIB Last Updated 2023-05-25T13:06:02Z

Medantop.id, Medan- Salah seorang Jemaah Calon Haji Kabupaten Asahan Tahun 1444H/2023M  atas nama Sukarni Sairin Abdullah dengan Nomor Porsi 0200135411mengalami hipoglikemia saat berada di dalam Bus 2 menuju Asrama Haji Medan, sehingga tetiba pingsan dan dipindahkan dari Bus 2 ke mobil Ambulans untuk mendapatkan penanganan medis dari tim kesehatan yang mendampingi Jemaah Calon Haji Kabupaten Asahan, Kamis (25/05).

Sukarni, Calhaj asal Kabupaten Asahan dalam perawatan Medis,  Foto: Kemenag Sumut

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan H. Saripuddin Daulay terus memantau perkembangan Sukarni Jemaah Calon Haji lansia tersebut,  baik saat berada di mobil Ambulans maupun berada di klinik Asrama Haji Medan.

"Mari bersama kita doakan kesembuhan dari salah seorang jemaah kita, agar besok dapat berangkat bersama ke Madina," ucap Saripuddin. 

Dokter yang menangani Sukarni menyampaikan bahwa hipoglikemia merupakan kondisi medis seseorang ketika kadar gula dalam darahnya menurun dan berada di bawah batas normal. Kondisi hipogikemia ini cukup sering dialami oleh seseorang yang menderita panyakit diabetes, walaupun dapat juga terjadi pada pasien tanpa penyakit diabetes.

Alhamdulillah, saat ini kadar gula darah dari jemaah Sukarni sudah mencapai 160 mg/dl dari 45 mg/dl yang membuatnya drop. Namun tetap harus kita pantau terus kesehatannya karena memang Sukarni mempunyai riwayat sakit gula/diabetes mellitus atau biasa orang menyebutnya DM, ucap pak dokter.

Dikatakannya juga bahwa Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit metabolisme yang mampu menyerang siapa saja, dan penyakit ini merupakan kondisi kronis dan berlangsung seumur hidup yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan energi yang dari makanan.

“Saya sangat berharap Jemaah Calon Haji kita dapat menjaga makanannya, khususnya saat berada di tanah suci karena bila gula darah seseorang itu di atas normal ataupun di bawah normal sama-sama tidak baik, apalagi yang mengidap penyakit itu adalah seorang lansia," pungkasnya.


Penulis: Nurhasanah

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satu Calhaj Asal Asahan Alami Hipoglikemia

Trending Now

Iklan

iklan