Iklan

" />

Longsor dan Nyaris Putus Jalan Lintas Labusel- Paluta Akibat Terderus Air Hujan

Redaksi
Sunday 4 December 2022 | 08:39 WIB Last Updated 2022-12-04T01:39:53Z

Medantop.id, Labusel - Akibat itensitas  curah hujan  tinggi, jalan lintas Sumatera Labusel Gunung Tua longsor dan nyaris putus. Akibatnya aktivitas pengguna jalan dan warga kini terganggu.


Foto: Husein Mubarak


Jalan Lintas Sumatera yang berada di Desa Sabungan, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan,  Sumatera Utara ini amblas akibat derasnya gerusan air hujan pada gorong-gorong yang berada dibawahnya, sejak Jumat  2 Desember 2022 lalu.

Jalan amblas sepanjang 30 meter  dan kedalaman 35 meter ini, membuat kemacetan panjang. Kendaraan mobil berat sulit untuk melntas, dikarenakan sisa jalan yang bisa dilalui sangat kecil dan rawan longsor.

Menurut salah seorang warga Salman, penyebab amblasnya jalan ini dakibatkan curah hujan yang tinggi  sejak Jumat kemarin,  

“Agar cepat diperbaiki lah, sudah sering terjadi sudah lama lah sudah lama kali memang retak retak sedikit, udah ada memang dari dulu sudah ada. Karean hujan semalam deras kali hujannnya, gorong gorong, sudah tak mampu nampung air makanya longsor,” jelas Salman, Minggu 4 desember 2022.

Bupati Labuhanbatu Selatan, Edimin mengatakan, pemerintah akan segera memperbaiki jalan lintas Sumatera yang longsor ini, penyebab sementara akibat curah hujan yang tinggi. Dan gorong-gorong yang berada di bawaah jalan tidak sanggup menahan derasnya air.

“Ya kita sudah buat jalur untuk  ini dari Dinas Perhubungan dan BNPB Kabupaten pun sudah disini utnuk mengamankan sementara, dan kita sudah mengambil batu untuk menimbun, untuk saat ini akses mobil berat kita larang dulu yang kita kasih mobil ringan dulu yang lewat, kita takut nanti longsor menyusul, ini dugaan sementara karean hujan banjir, jadi airnya ,” kata Edimin.

Untuk saat  ini, agar pengguna jalan bisa mengakses jalan penghubung ini, petugas dari Bina Marga melakukan sistem buka tutup, Sedangkan  mobil yang memiliki tonase besar, saat ini dilarang untuk melintas,  terlebih sisa jalan yang bisa dilalui hanya sedikit. Karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.


Reporter : Husein Mubarak
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Longsor dan Nyaris Putus Jalan Lintas Labusel- Paluta Akibat Terderus Air Hujan

Trending Now

Iklan

iklan