Iklan

" />

Antisipasi Kejadian Buruk Saat Banjir, Buaya Milik Warga Dievakuasi

Redaksi
Thursday 15 December 2022 | 10:31 WIB Last Updated 2022-12-15T03:31:13Z

Medantop.id, Sergai - Guna mengantisipasi kejadian terburuk, petugas BKSDA Sumatera Utara dan Kecamatan mengevakuasi seekor buaya muara sepanjang tiga meter dari rumah warga yang terendam banjir di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten  Serdang Bedagai, dengan alasan keselamatan warga sekitar.  Pemilik meminta pihak Kecamatan untuk mengevakuasi buaya peliharaan miliknya. 

Evakuasi buaya muara dari rumah warga 


Petugas BKSDA Sumatera Utara dibantu pihak Kecamatan dan warga mengevakuasi seekor buaya muara sepanjang tiga meter, dari rumah warga bernama Bambang Hermanto di Dusun Sembilan,  Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah,  Kabupaten Serdang Bedagai, proses evakuasi ini merupakan permintaan pemilik, guna mengantisipasi binatang peliharaannya lepas saat genangan air semakin tinggi. 

Saat evakuasi petugas yang dibantu warga saling membantu memindahkan seekor buaya tersebut dari bak air yang berada di belakang rumah ke atas mobil pick up,  yang sebelumnya sudah disiapkan petugas.

Tidak ada kesulitan dalam memindahkan buaya tersebut, namun proses evakuasi yang membuat heboh warga setempat. Petugas mengikat kaki tangan buaya dan menutup mulutnya dengan kain dan tali putih.

Pemilik buaya Bambang Hermanto mengaku, buaya ini sudah dua puluh tahun dipelihara dengan meneruskan hobby ayah kandungnya memilihara binatang .

 “ 20 tahun adalah almarhum ayah saya pak Muksin, ya memang senanglah sama binatang binatang terutama ular ada monyet, burung ya semua itu udah nga ada, tinggal buaya lah ini pun pesan dari Pekan Baru,” ungkap Bambang, Kamis 15 Desember 2022.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, terkait pemindahan  dirinya sudah mencoba berkali kali meminta kepada instansi terkait untuk memindahkan binatang peliharaannya, karena takut terjadinya banjir dan buaya tersebut lepas sehingga dapat membahayakan warga.

 “Jadi terakhir karena keadaan banjir begini nga tau lagi saya cari itu nya, udah bilang sama kadus, sama kepala desa terutama kepolisian minta lah untuk dipindahkan tempatnya biar lebih layak begitu,” Jelasnya.

Sementara itu Camat Sei Rampah Suhendra Damanik mengatakan proses evakuasi  berawal dari laporan pemilik untuk meminta binatang peliharaannya segera dievakuasi dari rumahnya. 

“Kita evakuasi buaya, termasuk salah satu satwa yang dilindungi kita dapat laporan kemarin sudah kita laporkan melalui Kasatpol PP  menghubungi BKSDA untuk melakukan evakuasi buaya tersebut, ya ini kita serahkan ke BKSDA,” kata Suhendra.

Kini buaya muara tersebut sudah diantar langsung oleh pemiliknya ke BKSDA Provinsi Sumatera Utara di Kota Meda,  untuk kemudian ditangkarkan ke penangkaran buaya.


Reporter: Nurhasannah

Editor: Yon


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Kejadian Buruk Saat Banjir, Buaya Milik Warga Dievakuasi

Trending Now

Iklan

iklan